TEMA: HIDUP RUKUN
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN
|
|||
PPKn
·
Menghargai keberagaman karakteristik individu (agama,
suku, fisik, psikis, hobby) sebagai anugerah Tuhan. (KI. 1-KD 1)
·
Menunjukkan sikap kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan (KI 1-KD2)
|
· Menyebutkan
sikap menghargai keberagaman karakteristik individu (agama, suku,
fisik, psikis, hobby) di rumah (1)
· Menyebutkan
sikap menghargai keberagaman karakteristik individu (agama, suku,
fisik, psikis, hobby) di sekolah. (2)
· Menjelaskansikap
kebersamaan dalam keberagaman di rumah. (3)
· Menjelaskan
beberapa suku teman-teman yang ada
dalam kelasnya. (4)
|
Pada Tema ini pembelajaran dilaksanakan 4 minggu
Minggu Pertama
·
Memulai belajar
dengan berdoa (7)
·
Mengulangi kembali
secara bersama-sama lafal doa yang dibaca (9)
·
Peserta didik
menyanyikan lagu “Satu nusa satu bangsa”(80)
·
Melalui pengamatan
gambar peserta didik menunjukan
perbedaan kesukaan, hobi, fisik, agama, dan psikis (1)
·
Peserta didik
saling bertanya tentang kegemaran (2)
·
Peserta didik di
dalam kelompok secara bergiliran
menyampaikan pikirannya terkait dengan kesukaan/hobi beserta
alasananya (3)
·
Peserta didik secara bersama-sama bernyanyi lagu “lihat
kebunku” (87)
·
Di dalam kelompok
peserta didik secara berkelompok mengamati lingkungan sekolah kemudian
mencatat nama tumbuhan dan hewan yang ada di lingkungan sekitar(33)
·
Peserta didik
melaporkan hasil pengamatan serta
menerangkan kebutuhan hewan dan tumbuhan(34)
·
Di dalam kelompok
peserta didik membuat daftar kebutuhan siswa sehari-hari, kemudian peserta
didik menempelkan hasil kelompoknya pada kertas karton, peserta didik saling
menilai hasil kerja kelompok(55)
·
Peserta didik
secara bersama-sama melakukan gerakan
pisik dengan permainan yang menyenangkan, seperti ketika guru menyebut rukun
seluruh peserta didik jongkok, ketika guru menyebut hidup peserta didik
berdiri sambil melompat(104)
·
Peserta didik mempraktekan cara membaca dengan posisi duduk yang benar,
memegang teks bacaan yang tepat, membalikan halaman buku dengan benar(45, 47,48))
·
Mempraktekan lafal
sapaan, ucapan terima kasih, dan maaf kepada teman melalui demontrasi di
depan kelas(13, 14)
·
Melalui permainan
pesan berantai peserta didik
menyebutkan kebutuhan makan/minuman yang dibeli di sekolah(56)
·
Melalalui permainan
penjual dan pembeli peserta didik dapat menghitung uang yang dibutuhkan untuk
membeli suatu makanan/minuman(67)
·
Peserta didik
berlari secara bergantian memindah makanan dan alat tulis(103)
·
Di dalam kelompok
peserta didik diskusi akibat dari tidak merawat benda-benda yang dimilki(57)
·
Di dalam kelompok
peserta didik berdiskusi tentang keadaan alam keadaan cahaya/suhu pada waktu,
serta menyebutkan aktivitas siang dan malam kemudian menempek pada kertas
karton (41)
·
Peerta didik secara
kelompok menilai hasil kerja kelompok melalui belajar sambil berjalan(102)
·
Peserta didik
secara individu dan kelompok menyanyi
lagu anak yang berhubungan dengan hidup rukun diiringi dengan gerakan yang
ekspresip(86)
·
Peserta didik
memahami perbedaan keingin antara adik, kakak, ayah, dan ibu tetapi selalu
bersama dalam kebaikan(3)
·
Peserta didik dalam
kelompok saling bertanya tentang asal daerah, dan suku nya dan menerangkan
suku dari teman sekelompok yang berbeda-beda(1)
·
Peserta didik menuliskan pesan yang terkandung dalam
syair lagu tersebut(85)
·
Peserta didik
menuliskan hal-hal yang tidak boleh dilakukan di dalam kelas dan menempelnya
di kertas karton(20)
·
Peserta didik
membedakan pernyataan pemberitahuan dan larangan melalui penyajian
kalimat/pernyataan pendek atau dalam bentuk permainan seperti peserta didik
dibagi kalimat dengan acak, kemudian guru memerintahkan yang mendapat kalimat
pemberitahuan berkumpul di sebelah kiri kelas dan yang mendapat kalimat
larangan berkumpul di sebelah kanan kelas dalam suasana yang tertib dan rapih(21)
Penilaian
1.
Tertulis
2.
Lisan
3.
Unjuk kerja
4.
portofolio
Pembelajaran
Minggu kedua
· Memulai belajar
dengan berdoa secara bersama-sama dengan khusuk
· Bernyanyi bersama
tentang lagu “Soleram”
· Peserta didik
mengungkapkan perasaan senang kepada teman, guru, dan orang tua di dalam
kelompok dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar
· Peserta didik
menyanyikan lagu berirama tiga dan pola variasi pola irama rata dengan
menggunakan alat music ritmis seperti lagu “Bang bing bung”
· Peserta didik
mempraktekan cara hidup hemat melalui menabung sisa dari uang jajan di
sekolah
· Peserta didik
bercerita tentang pengalaman beramal yang pernah dilakukan baik kepada sesama
teman, maupun kepada orang lain
· Peserta didik
melakukan kegiatan menjaga kebersihan lingkungan kelas
· Peserta didik
menjelaskan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan
pengurangan
· Mempraktikan
kegiatan sebelum dan sesusdah aktivitas fisik
· Di dalam kelompok
peserta didik berdiskusi tentang cara menyayangi tumbuhan dan hewan
· Peserta didik
mempraktekan sikap menyayangi tumbuhan melalui kegiatan menyiram, memetik
daun yamg kering, dan memberi pupuk
secara rutin
· Mempraktekan cara
member makan hewan yang ada di sekitar sekolah dan membersihkan hewan piaraan
· Peserta didik
berdiskusi manfaat dari beramal dan menempel hasil diskusi pada kertas karton
· Peserta didik
mengumpulkan uang amal dan menghitung jumlah uang hasil amal
· Peserta didik
mengamati benda bahan alam yang dapat dijadikan hasil karya seperti daun
singkong bisa dibuat untuk karya menempel
· Peserta didik
saling bertanya tentang sesuatu kepada orang lain seperti bertanya tentang
cara menempel
· Peserta didik
mencatat jawaban atau penjelasan dari orang lain
· Peserta didik
mempraktekan pernyataan penolakan
· Peseta didik
mendengarkan tek tentang hidup rukun
· Peserta didik
mencatat hal-hal yang menarik dalam teks
· Peserta didik
membuat pertanyaan sesuai dengan isi teks
· Peserta didik
mengelompokan bahan-bahan alam yang dapat dimanfaatkan unuk hasil karya
dengan mengisi tabel yang disediakan
Penilaian
1.
Tertulis
2.
Lisan
3.
Unjuk kerja
4.
portofolio
|
|||
Bahasa
Indonesia
· Menerima
Bahasa Indonesia sebagai anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk
mempersatukan bangsa (KI 1-KD1)
·
Mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik
untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah.(KI 1-KD2)
·
Mengucapkan doa dengan bahasa yang baik sesuai dengan
agama yang dianutnya (KI 1-KD3)
· Menyapa dan menyampaikan ucapan selamat, terima kasih atau
permohonan maaf sesuai dengan konteksnya (KI 2-KD1)
· Gemar menggali informasi melalui membaca dan mendengarkan dari
sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu (KI 2-KD2)
· Menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup dalam kehidupan
sehari-hari (Ki2-KD4)
· Mendengarkan pesan
pendek, larangan, permintaan,
penolakan, teks pendek, lagu anak-anak dan memberikan tanggapan yang sesuai
(KI 3-KD1)
· Bercerita tentang pengalaman yang mengesankan (KI 4-KD1)
· Menceritakan kegiatan sehari-hari yang menerapkan pola hidup hemat energi
· Berbicara
spontan tentang diri sendiri dan keluarga (KI 4-KD3)
· Memelihara hewan dan tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar dan menceritakan
pengalamannya
· Menyampaikan
informasi (jadwal upacara, piket kelas,
kerjabakti, dsb.) kepada teman, anggota keluarga (KI 4-KD5)
· Mengamati keadaan dan kenampakan alam,
aktivitas makhluk hidup (pada waktu siang dan malam hari) dan menanggapinya
secara lisan dengan kalimat [(Seandainya saya _____, saya akan _______.”)
berdasarkan hasil pengamatan)]
·
Menulis kalimat sederhana berdasarkan gambar dengan menggunakan huruf lepas dan tegak bersambung dan
dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik (KI 4 –KD7)
· Menerapkan cara membaca (permulaan) dengan cara yang benar (cara duduk, jarak
mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, memilih tempat
dengan cahaya yang terang) (KI 4-KD8)
· Menerapkan cara menulis (permulaan)dengan benar (cara duduk, cara memegang pensil, cara
meletakkan buku, jarak mata dan buku, dan memilih tempat dengan cahaya yang
terang) (KI 4-KD9)
|
· Mulai terlihat senang menggunakan bahasa
Indonesia dalam mengungkapkan pikirannya kepada teman, guru, orang tua, dan
anggota keluarga (5)
· Mulai terlihat senang menggunakan bahasa
Indonesia dalam mengungkapkan perasaannya kepada teman, guru, dan orang tua (6)
· Bersikap
khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa (7)
· Mengambil
sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri (8)
· Mencontoh
kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri (9)
· Melafalkan kata-kata teks doa dengan jelas(10)
· Melafalkan kata-kata teks doa dengan
intonasi yang sesuai (11)
· Mengucapkan
sapaan yang sesuai(12)
· Mengucapkan
terima kasih secara tepat (13)
· Mengucapkan
maaf secara tepat (14)
· Menanya sesuatu kepada orang lain (15)
· Mendengarkan penjelasan (16)
· Menyanyangi tumbuhan (menyiram tumbuhan, tidak menginjak rumput, tidak
memetik bunga di taman, dsb) (17)
· Memberi makan dan membersihkan hewan piaraan serta tidak menyakiti. (18)
· Menyebutkan hal-hal yang dikandung dalam
pesan pendek (19)
· Menyebutkan hal-hal yang tidak boleh
dilakukan (20)
·
Membedakan pernyataan pemberitahuan dan pernyataan larangan(21)
·
Mengucapkan kembali pernyataan penolakan(22)
·
Menyebutkan kembali hal-hal yang menarik dalam teks(23)
·
Mengajukan pertanyaan berdasarkan teks yang diperdengarkan(24)
·
Menyebutkan hal-hal menarik yang terdapat dalam syair lagu(25)
·
Mengajukan pertanyaan berdasarkan isi syair lagu(26)
·
Mencertaikan pengalaman yang menyenangkan(27)
·
Menceritakan pengalam yang tidak menyenangkan(28)
• Mengemukakan
hal-hal yang diminta secara runut(29)
• Mengemukakan
kejadian yang dialami secara lancar(30)
• Melafalkan
kata dengan artikulasi yang jelas (31)
• Berbicara
dengan suara dengan volume suara yang enak didengar(32)
·
Menyebutkan nama
tumbuhan dan hewan yang ada di lingkungan sekitar (33)
·
Menceritakan
kebutuhan tumbuhan dan hewan, misalnya makanan dan air(34)
·
Menyiram atau memupuk
tumbuhan (35)
·
Memberi makan hewan
peliharaan(36)
·
Menceritakan akibat
bila tumbuhan tidak disiram dalam waktu lama(37)
·
Menceritakan akibat
bila hewan tidak diberi makan dalam waktu lama(38)
·
Menggambar tumbuhan atau hewan(39)
·
Membedakan keadaan
alam (cahaya dan suhu) pada waktu siang dan malam hari (40)
·
Menceritakan
aktifitas siswa pada siang waktu dan malam hari(41)
·
Membedakan aktifitas
makhluk hidup pada waktu siang dan malam hari. (42)
·
Menyebutkan nama-nama kenampakan alam seperti gunung, sungai, pantai,
teluk, sawah, hutan yang ada di lingkungan tempat tinggla dan sekolah(43)
·
Bercerita tentang kelestarian alam yang berada di lingkungan tempat
tinggal dan sekolah(44)
• Berposisi
duduk secara benar(45)
• Meletakkan
bacaan dengan jarak mata yang benar(46)
• Memegang
teks bacaan dengan tepat(47)
• Membalik
halaman buku dengan benar(48)
• Memilih
tempat membaca dengan cahaya yang terang(49)
• Berposisi
duduk secara benar(50)
• Meletakkan
buku dengan jarak mata yang benar(51)
• Memegang
pensil dengan tepat(52)
• Membalik
halaman buku dengan benar(53)
• Memilih
tempat membaca dengan cahaya yang terang(54)
|
||||
Matematika
·
Mengelola
penggunaan uang saku untuk kepentingan konsumsi, menabung dan
beramal.(Ki2-KD2)
· Mengenal dan menukar nilai antar pecahan uang (KI 3-KD3)
·
Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri ,
menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif dari
masalah yang berkaitan dengan penjumlahan,pengurangan, perkalian, pembagian,
waktu, panjang, berat benda dan uang terkait dengan aktivitas sehari-hari di
rumah, sekolah, atau tempat bermain
serta memeriksa kebenarannya
(KI4-KD2)
|
·
Menyebutkan dan menuliskan daftar kebutuhan siswa sehari-hari seperti
menu makan dan minum, alat bermain yang dimiliki ke bentuk tabel(55)
·
Menyebutkan atau menjelaskan serta mempraktekkan kebutuhan menu makan,
minum dan alat bermain yang tidak konsumtif dan hemat di sekolah dan di rumah(56)
·
Menjelaskan akibat tidak habisnya makanan atau minuman yang tersisa,
alat tulis atau alat bermain yang tidak terawat(57)
·
Menghitung jumlah uang yang
terbuang dari makanan atau minuman yang tidak habis dikonsumsi (58)
·
Bertindak hemat dalam mengelola uang melalui menabung atau cara lainnya(59)
·
Menjelaskan atau menceritakan pengalaman beramal yang pernah dilakukan(60)
·
Menceritakan manfaat beramal bagi diri sendiri dan orang lain(61)
·
Menghitung jumlah uang terkumpul dari kegiatan amal yang
diselenggarakan oleh kelas(62)
·
Menjelaskan ciri-ciri pecahan uang yang digunakan sehari-hari(63)
·
Menaksir harga barang yang digunakan sehari-hari(64)
·
Menukar berbagai nilai pecahan uang dengan sejumlah uang pecahan
lainnya(65)
·
Menjelaskan berbagai pilihan barang-barang untuk dibeli dengan sejumlah
uang yang tersedia(66)
·
Menjelaskan alasan memilih barang-barang untuk dibeli dengan sejumlah
uang yang tersedia(67)
·
Menentukan kembalian uang dari praktek permainan jual-beli barang
dengan berbagai cara(68)
§
Menceritakan
kembali masalah sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat,
berat benda, atau penggunaan uang(69)
§
Menggambarkan
masalah sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat,
berat benda, atau penggunaan uang(70)
§ Menulis model/kalimat matematika dari
masalah sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat,
berat benda, atau penggunaan uang(71)
§ Menentukan penyelesaian dari kalimat
matematika dan masalah sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak
suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang(72)
|
Pembelajaran
Minggu Ketiga
· Memulai
pembelajaran berdoa dengan penuh kekhusuan
· Peserta didik
dimotivasi dengan yel-yel semangat
· Peserta didik
secara individu menyampaikan pengalaman yang menyenangkan sesuai dengan
gambar
· Peserta didik
secara individu menyampaikan pengalaman yang tidak menyenangkan sesuai dengan
gambar
· Peserta didik
mengamati mata uang logam Rp 25, Rp 50, Rp 100, Rp 200 maupun kertas Rp 500,
dan Rp 1.000 kemudian berdiskusi tentang ciri-ciri
· Peserta didik di
dalam kelompok menghitung dan menaksir harga barang-barang yang disediakan
· Menuliskan
informasi tentang jadwal pelajaran, upacara, dan piket yang diberikan oleh
guru dan menyampaikan kepada teman, dan kedua orang tua
· Peserta didik
berdiskusi tentang nama-nama kenampakan alam yang ada di lingkungan sekitar
sekolah dibantu dengan media gambar
· Peserta didik
menjelaskan kelestarian alam yang ada di lingkungan tempat tinggal dan
sekitar sekitar sekolah
· Peserta didik mempraktekan cara
menulis dengan posisi duduk yang
benar, memegang pensil yang tepat, membalikan halaman buku dengan benar
· Peserta didik dalam
kelompok mengamati benda-benda yang ada di kelompok masing-masing dan memilih
benda yang akan dibeli sesuai dengan uang yang tersedia
· Peserta didik
menyampaikan alasan mengapa memilih benda tersebut untuk dibeli dan peserta
didik mempraktekan mengembalikan uang kembalian dengan tepat
· Peserta didik
secara bersama-sama mempraktekan gerak dasar lokomotor yang dilandasi
gerak dalam berbagai bentuk permainan
sederhana atau tradisional
· Peserta didik
secara bersama-sama mempraktekan gerak dasar manipulative yang dilandasi
gerak dalam berbagai bentuk permainan
sederhana atau tradisional
· Peserta didik di
dalam kelompok mempraktekan jual beli dan peserta didik melakukan kegiatan
mengembalikan uang kembalian dengan tepat
· Peserta didik
secara bersama-sama menyanyikan lagu anak dengan pola irama yang bervariasi
· Peserta didik
menjelaskan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian
Penilaian
1.
Tertulis
2.
Lisan
3.
Unjuk kerja
4.
portofolio
|
|||
Senu Budaya Prakarya
· Menunjukkan percaya diri
untuk mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari (KI-2,KD-1)
· Mengenal tanggung jawab dan
peduli terhadap alam lingkungan sekitar melalui berkarya (KI-2,KD-4)
· Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan
pola irama rata dengan alat musik ritmis
(KI-3,KD-2)
· Membedakan aneka jenis benda
bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan
(KI-3,KD-4)
·
Menyanyikan lagu
anak-anak sederhana dengan pola irama yang bervariasi (KI-4,KD-5)
·
Membuat karya kreatif
dengan mengolah bahan buatan
lingkungan rumah melalui kegiatan bermain lipat, gunting, dan tempel (KI-4,KD-14)
|
·
Menunjukkan
sikap percaya diri dalam mengekspresikan karya(73)
· Memperlihatkan sikap tanggung jawab terhadap
pemanfaatan benda di alam sekitar(74)
· Memprakarsai sikap peduli terhadap lingkungan sekitar
dengan merapikan setelah bekerja(75)
·
Menyebutkan pola irama lagu bertanda birama tiga(76)
·
Menyebutkan pola bervariasi(77)
·
Menyebutkan pola irama rata(78)
·
Membedakan pola irama lagu bertanda birama tiga, pola
bervariasi dan pola irama rata (79)
·
Menyebutkan alat-alat musik ritmis sederhana
·
Mengenal judul lagu dan iringannya (80)
·
Menunjukkan
aneka bahan di lingkungan yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif
boneka(81)
·
Mengumpulkan
bahan yang terdapat di lingkungan untuk membuat boneka (82)
· Menyanyi dengan tepuk irama(83)
· Menyanyi dengan tepuk birama(84)
· Menyanyikan lagu sesuai
dengan syair dan makna(85)
· Membaca syair lagu dengan
ucapan yang jelas(86)
· Menyanyi lagu sesuai dengan
frasering(87)
·
Merancang karya
kreatif boneka yang dihasilkan dari bahan di lingkungan sekitar(88)
·
Memotong pola
dari bahan di lingkungan sekitar untuk dibentuk menjadi boneka sesuai
rancangan(89)
·
Menyusun pola
menjadi karya kreatif boneka(90)
·
Menilai karya
boneka diri sendiri dan orang lain(91)
|
Pembelajaran
Minggu Keempat
· Peserta didik
memulai pembelajaran dengan berdoa penuh kekhusuan
· Peserta didik
secara bersama-sama mengikuti yel-yel semangat
· Peserta didik dalam
kelompok bercerita tentang sikap hidup hemat energy dibantu dengan media
gambar
· Peserta didik
mencatat contoh sikap hemat energy
· Peserta didik
mempraktekan sikap hemat energy dalam kelas dan dalam kehidupan sehari-hari
· Peserta didik
menceritakan sikap dalam kehidupan
sehari-hari terkait dengan sikap hidup hemat energy secara runut
· Peserta didik
menuliskan kalimat yang berhubungan denga hemat energy dengan tulisan tegak
bersambung
· Peserta didik
menjelaskan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan
pengurangan
· Peserta didik
berdasarkan cerita Menggambarkan masalah yang berhubungan dengan penjumlahan
dan pengurangan
· Peserta didik
berdasarkan cerita menuliskan kalimat matematika dari masalah sehari-hari
yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan
· Peserta didik
berdasarkan cerita menyelesaikan
kalimat matematika dan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan
· Peserta didik
peserta didik membuat hasil karya dengan mengolah bahan buatan di lingkungan
rumah melalui kegiatan bermain lipat, gunting, tempel
· Peserta didik
menjelaskan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan Perkalian dan pembagian
· Peserta didik
berdasarkan cerita Menggambarkan masalah yang berhubungan dengan perkalian
dan pembagian
· Peserta didik
berdasarkan cerita menuliskan kalimat matematika dari masalah sehari-hari
yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian
· Peserta didik
berdasarkan cerita menyelesaikan
kalimat matematika dan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
perkalian dan pembagian
· Peserta didik
melakukan kegiatan berlari dan melakukan gerakan melayang seperti burung,
gerak mendarat, gerak berpindah, ayunan, putaran, dan tolakan
· Peserta didik
secara individu menyampaikan kegiatan sehari-hari secara runut
· Peserta didik dalam
kelompok mengemukakan kejadian yang dialami secara lancar dengan artikulasi yang jelas, dan volume
yang enak didengar
· Peserta didik
menjelaskan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan waktu, panjang benda,
jarak suatu benda, berat benda, dan penggunaan uang
· Peserta didik
berdasarkan cerita Menggambarkan masalah yang berhubungan dengan waktu,
panjang benda, jarak suatu benda, berat benda, dan penggunaan uang
· Peserta didik
berdasarkan cerita menuliskan kalimat matematika dari masalah sehari-hari
yang berkaitan dengan waktu, panjang benda, jarak suatu benda, berat benda,
dan penggunaan uang
· Peserta didik
berdasarkan cerita menyelesaikan
kalimat matematika dan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
waktu, panjang benda, jarak suatu benda, berat benda, dan penggunaan uang
Penilaian
1.
Tertulis
2.
Lisan
3.
Unjuk kerja
4.
portofolio
|
|||
Penjas
Orkes
· Menghargai tubuh sebagai
anugrah Tuhan yang tidak ternilai (KI
1-KD 1)
· Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas
fisik dalam bentuk permainan yang menyenangkan.( KI 2 KD 1)
· Menunjukkan kemauan kerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas
fisik dalam bentuk permainan yang menyenangkan (KI 2 – KD 2)
· Memiliki perilaku hidup sehat (KI 2-KD3)
· Memahami dan mempraktikkan cara menjaga kebersihan
kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah) (KI 3 –KD3)
· Mengetahui apa yang
dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik
·
Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor yang
dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional (KI 4-KD 1)
·
Mempraktikkan variasi pola gerak dasar manipulatif yang
dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
permainan tradisional.(KI 4 –KD3)
·
Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk pengembangan kecepatan, kelenturan melalui permainan sederhana (KI 4-KD4)
·
Mempraktikkan
variasi pola gerak dominan dalam senam (mendarat, gerak berpindah, ayunan, putaran,
tolakan, layangan dan ketinggian)(KI 4-KD6)
|
· Menyebutkan
alat-alat kebersihan yang digunakan untuk membersihkan kelas(92)
· Mengidentifikasi
jenis sampah yang ada di halaman sekolah(93)
· Membuat
daftar piket kelas(94)
· Menyebutkan apa
yang perlu dilakukan sebelum Mempraktikkan aktivitas fisik(95)
· Menyebutkan
apa yang dihindarkan sebelum Mempraktikkan aktivitas fisik(96)
· Menyebutkan
apa yang dihindarkan setelah Mempraktikkan aktivitas fisik(97)
· Mempraktikkan
variasi gerak mengayun(98)
· Mempraktikkan
variasi gerak menarik(99)
· Mempraktikkan
variasi gerak memutar(100)
· Mempraktikkan
variasi gerak menekuk(101)
· Mempraktikkan
variasi gerak berjalan(102)
· Mempraktikkan
variasi gerak berlari(103)
· Mempraktikan
variasi gerak melompat(104)
· Mempraktikkan
variasi gerak mengayun(105)
· Mempraktikkan
variasi gerak menarik(106)
· Mempraktikkan
variasi gerak memutar(107)
· Mempraktikkan
variasi gerak menekuk(108)
|
· Mempraktikkan
variasi gerak melempar
· Mempraktikkan
variasi gerak menangkap
Mempraktikan
variasi gerak menendang
|
|||
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||||
35
menit X 30 JP X 4 Minggu
35
menit X 30 JP
35
menit X 30 JP
|
· Buku sumber/tambahan
· Diri Anak
· Teks doa
· Teks lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”
· Lingkungan
· Media Gambar berhubungan kesukaan , hobi, fisik, agama, dan psikis
· Gambar untuk mewarnai
· Lingkungan sekitar sekolah
· Tabel daftar kebutuhan sehari-hari
· Gambar tentang posisi membaca yang baik dan benar
· Kalimat sapaan, terima kasih, maaf
· Uang dan makanan minuman
· Kertas Karton
· Kalimat pemberitahuan dan larangan
· Rubrik penilaian
· Buku sumber/tambahan
· Diri Anak
· Teks doa
· Teks lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”
· Lingkungan
· Media Gambar berhubungan kesukaan , hobi, fisik, agama, dan psikis
· Gambar untuk mewarnai
· Lingkungan sekitar sekolah
· Tabel daftar kebutuhan sehari-hari
· Gambar tentang posisi membaca yang baik dan benar
· Kalimat sapaan, terima kasih, maaf
· Uang dan makanan minuman
· Kertas Karton
· Kalimat pemberitahuan dan larangan
· Rubrik penilaian
|
||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar