Selamat Datang Di Kampus Ceria.. MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KAYUTREJO " Mandiri Santun Cerdas " (Mimka MSc) Status Terakreditasi ~ Terimalah Salam Kami Asalamu'alaikum Warahmatullohi Wabarokaatuh, Mimka Selalu ada yang baru. "Silaturrohmi Alumni, Menjalin Ukhuwah Dunia Akhirat; Mempersiapkan Siswa - Siswi Madrasah yang Mandiri, Santun dan Cerdas

Senin, 30 Juli 2012

Penentuan 10 hari terakhir Ramadhan

Keutamaan 1000 bulan memang perlu diperjuangkan, karena keluariasaannya tetsebut. Tentu sulit untuk mendapatkannya, tidak semata-mata begitu saja mendapatkan keutamaan 1000 bulan. Misalnya dalam menentukan 10 hari yang ketiga.

Sebagian besar kita menghitung 10 hari yang terakhir itu ya mulai dari malam 21 dan seterusnya sampai habis puasanya, apakah itu puasa 30 hari atau 29. Ada perbedaan ganjil genap yang perlu dicermati karena mulai puasanya berbeda atau jumlah akhir puasanya berbeda.

Ada yang menghitung 10 hari terakhir itu dari 30 atau 29 ke belakang. Kalau sekarang puasa 30 hari berarti 10 hari terakhir mulai malam 21. Tetapi kalau puasanya 29 hari trus dihitung kebelakang 10 hari maka ketemunya malam duapuluh itu malam pertama 10 hari terakhir dan dianggap malam ganjil. Otomatis malam ganjil genapnya bertolak belakang dengan yang jumlah puasanya 30 hari.

Untuk menyikapi masalah ini, atau untuk merebut seribu bulan tidak bisa dibuat jalan pintas kita hadang pas malam ganjilnya saja, dan tidak bisa pula dihadang hanya pada 10 hari yang terakhir. Tetapi harus dipersiapkan dihadang sejak dari awal bulan Ramadhan tidak peduli malam ganjil atau malam genap.

Selamat berpuasa, selamat merebut kemenangan, smoga Allah membimbing kita dan memberi kekuatan untuk dapat mengabdi pada Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar